Posted by : BISNIS ONLINE Jumat, 18 Oktober 2013

macam macam kebudayaan jepang



歌舞伎(Kabuki)
Kabuki adalah yang paling populer dari seni teater tradisional Jepang. Tokyo adalah rumah dari Teater Kabuki-za dan Teater Nasional.  Karakteristik Kabuki berbeda dari bentuk-bentuk lain dari teater adalah kenyataan bahwa semua peran dilakukan oleh laki-laki. Ada aktor yang mengkhususkan diri pada kinerja untuk peran perempuan, yang dikenal sebagai Onnagata. Cara aktor-aktor tersebut nampaknya lebih feminin daripada wanita dan membuat dunia percaya bahwa mereka benar-benar wanita dari akting yang mereka lakukan.Di sebelah kiri panggung adalah kotak musisi, ditempati oleh pemain Shamisen dan Nagauta (sebuah lagu epik panjang). Orang-orang ini memberikan iringan musik untuk Kabuki.Tahap Kabuki merupakan tahapan bergulir dengan aktor di atas panggung yang bergerak dari kanan ke kiri, dari satu adegan ke adegan lain dengan cepat. Ini adalah pengalaman yang menarik ketika menonton para aktor muncul dan menghilang sebagai tahap berputar, hal ini karena mereka tidak menggunakan tirai dalam setiap adegan.Ada juga jalan setapak yang menonjol keluar ke penonton di sudut kanan panggung, yang dikenal sebagai Hanamichi. Hanamichi tidak hanya digunakan untuk kedatangan atau keberangkatan para aktor, namun sebenarnya menjadi bagian dari panggung dan dapat berfungsi sebagai sebuah sungai atau koridor dalam rumah, misalnya.Karena dialog yang digunakan dalam Kabuki sulit, bahkan untuk orang Jepang, oleh karena itu ada sebuah layanan panduan melalui earphone yang disediakan untuk memahami cerita dan dialog, menjelaskan latar belakang historis dan memberikan terjemahan bahasa Jepang modern dan adapula versi dalam Bahasa Inggris. Dalam cara ini penonton bisa mendapatkan wawasan yang lebih jauh daripada hanya menonton sambil mencoba untuk mengikuti sebuah cerita yang tampaknya tidak bisa dimengerti.Dunia Kabuki adalah salah satu keindahan gaya. Pada waktu klimaks emosi, para aktor seolah membeku dan pada saat itu panggung mengambil gambar yang indah. Sebagai aktor flamboyan mereka menganggap pose itu adalah hal yang penting. Para penonton memecahkan keheningan dengan meneriakkan kata-kata dorongan, seperti Iyo dan Harimaya, dimana adegan itu disambut dengan tepuk tangan. Momen tersebut adalah lampu tinggi kinerja Kabuki. Kabuki memiliki banyak aspek menarik lainnya, para aktor, make up, kostum dan musik. Dengan menggabungkan tradisi dan alat-alat modern mungkin Kabuki akan dapat terus menghibur generasi berikutnya di masa yang akan datang.



茶道 (Sado: Upacara Minum Teh)
Upacara minum teh disempurnakan oleh Sen no Rikyuu (1522-1591) selamamasaperang saudara. Untuk prajurit yang terus-menerus di pertempuran, hari demi hari, seni membuat teh mungkin hanya bisa dilakukan pada waktu tenang sebagai relaksasi yang sangat diperlukan. Upacara minum teh telah diwarisi sebagai contoh etiket Jepang. Bahkan saat ini, banyak orang mempelajari upacara minum teh dan pusat budaya, nyaris tanpa gagal, dan banyak pula kelas kursus untuk upacara minum teh. Namun, hal ini memerlukan Chashitsu (Ruang upacara minum teh) dengan Tatami.




生け花 (Ikebana: Seni Merangkai Bunga)
Ikebana juga dikenal sebagai Kado. Dalam seni tradisional, ada nilai yang lebih besar ditempatkan pada spiritualitas dan ekspresi diri melalui bunga, bukan pada sebuah acara lahiriah. Ada sekolah yang berbeda dari Ikebana. Masing-masing organisasi ini memiliki grandmaster dan murid-murid. Organisasi semacam ini disebut sebagai Iemoto (kepala sekolah) sistem. Meskipun dari sekolah yang berbeda, mereka semua berbagi sebuah kepercayaan umum dalam seni Ikebana, dengan menggunakan pohon hidup dan tanaman sebagai bahan baku.

短歌と俳句 (Tanka Dan Haiku)
Tanka adalah lima baris bentuk puisi Jepang yang terdiri dari 31 suku kata (5, 7, 5, 7, 7 pengaturan). Dalam bahasa Jepang, ketika Anda berbicara dari Waka (sebuah puisi Jepang), Anda biasanya mengacu pada Tanka. Akhir-akhir ini tanka  menggunakan bahasa lisan alam, yang populer. Misalnya, catatan Machi Tawara. Haiku berasal dari tiga baris pertama dari bentuk puisi tanka dan mungkin digambarkan sebagai bentuk ayat terpendek  di dunia. Salah satu penyair Haiku terkenal adalah Basho. Salah satu syarat penulisan Haiku harus berisi referensi tentang musim. Dalam puisi Basho, "jangkrik" adalah kata musim, yang membangkitkan "musim panas". Puisi Haiku hanya dibatasi 17 suku kata, namun ada puisi yang tidak mengandung referensi musiman dan tidak ada ketaatan pada set jumlah suku kata. Berikut adalah contoh Haiku: "Hidup adalah tentang memilih Tidak Ada Yang Lain". (Oleh: Uryuu Toshikazu). Gaya ayat modern menyajikan Haiku dalam cahaya yang sangat berbeda.


書道 (Shodou: Kaligrafi)
Seni kaligrafi berasal dari China di mana ada praktek menyalin sutra Buddha yang ditulis dalam huruf Cina. Kemudian, di Zaman Heian, dengan penemuan Kana, atau suku kata Jepang asli, kaligrafi Kana mulai dikembangkan. Pada saat tidak ada sistem sekolah formal, anak-anak belajar kaligrafi dan penggunaan sempoa, keterampilan ini merupakan prioritas pendidikan saat ini. Sekolah swasta yang dikelola oleh kuil mengambil tempat sebagai sekolah negeri. Sebuah catatan menunjukkan bahwa selama Periode Edo, level membaca meningkat di kalangan samurai. Saat ini, di sekolah-sekolah Jepang, kaligrafi merupakan bagian dari bahasa Jepang.


能と狂言 (Nou dan Kyougen)
Nou, juga dikenal sebagai Nogaku, adalah salah satu kesenian khas teater Jepang dan memiliki sejarah yang berasal dari sekitar tujuh ratus tahun.  Nogaku datang ke Jepang selama Periode Nara dari Dinasti Tang di Cina sebagai bentuk hiburan publik. Kemudian, di Periode Kamakura, berubah menjadi Noh, kombinasi drama menyanyi dan tari, dan Kyougen, permainan dialog.Dalam Periode Muromachi, Kan Ze Ami dan Ami, ayah dan anak, mengembangkan Noh untuk sebuah bentuk seni. Noh dilakukan di atas panggung khusus, dikenal sebagai Nogaku-do yang memiliki kanopi. Dalam Noh, para pemain terdiri dari aktor utama (biasanya memakai topeng), para aktor pendukung (tanpa topeng) dan pemain musik (suling bermain dan drum).Ada pengaturan tahap dalam pertunjukan Noh. Tinggi pegunungan, laut, angin yang kuat, elemen yang mungkin timbul di dalam cerita, hanya bisa dibayangkan oleh penonton. Karena tidak ada yang dilihat, ini menambah potensi ruang lingkup imajinasi menjadi terbatas.Sebuah pertunjukan Noh selalu diikuti oleh kinerja kyogen. Setelah menonton sebuah drama Noh yang serius dalam suasana agak tegang, kita bisa menikmati suasana hati yang dilepaskan dari permainan kyogen. Ini bukan hanya masalah dialog, seseorang sudah bisa tertawa bahkan sebelum mereka menyadari bahwa ada hal yang membuat mereka tertawa. Noh dan kyogen dilakukan dengan tandem, satu demi satu, tentu sebuah presentasi dramatis hebat.

日本の音楽 (Nihon No Ongaku: Musik Jepang)
Musik Barat yang diperkenalkan ke Jepang selama Periode Meiji dikenal sebagai 洋楽 (Yogaku : Musik Barat), sedangkan music yang telah turun-temurun di Jepang adalah 邦楽 (Hogaku : Musik Tradisional Jepang) dan termasuk 雅楽 (Gagaku : Musik Pengadilan Imperial), 能楽 (Nogaku : Permainan Musih Noh) dan tradisional balads. Dalam tradisional khas musik Jepang, tidak seperti musik barat yang menggunakan 7 skala catatan, Hogaku memiliki skala pentatoris dan sedangkan dalam musik Barat memiliki beat (ketukan) yang panjang sebagai keseragaman dengan musik Jepang tradisional. Baru-baru ini telah ada pengaturan yang dibuat di Baroque Musik untuk Koto (kecapi Jepang), instrumen tradisional khas Jepang.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Distributor Batik

Detail Kontak

Detail Kontak

Popular Post

- Copyright © 2013 PENGUSAHA BISNIS GLOBAL -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan | Distributed by Rocking Templates -