Posted by : BISNIS ONLINE Senin, 14 Oktober 2013

AKU INGIN
Kali ini kita akan belajar menyusun kalimat untuk menyatakan keinginan dalam Bahasa Jepang.
 Pola Kalimat yang pertama adalah :
----------------------------------------------------------------
SUBYEK wa KATA BENDA ga hoshii desu
----------------------------------------------------------------
Untuk menyatakan ingin (punya) suatu benda, pola kalimatnya seperti di atas.Â
Contoh Kalimat :Â
  1. Watashi wa kuruma ga hoshii desu. = saya ingin (punya) mobil.
  2. Watashi wa okane ga hoshii desu. = saya ingin (punya) uang.
  3. Watashi wa kamera ga hoshii desu. = saya ingin (punya) kamera.

Untuk membentuk kalimat negatif menyatakan Keinginan, kita menggunakan pola kalimat seperti di bawah ini :
Hoshii (ingin) --> hoshikunai (tidak ingin)
-----------------------------------------------------------------------
SUBYEK wa KATA BENDA ga hoshikunai desu
-----------------------------------------------------------------------
yang artinya : SUBYEK tidak ingin (punya) KATA BENDAÂ
Contoh Kalimat :
  1. WATASHI wa OKASHI ga hoshikunai desu. = SAYA tidak ingin KUE.
  2. WATASHI wa ZASSHI ga hoshikunai desu. = SAYA tidak ingin MAJALAH.
  3. WATASHI wa PASOKON ga hoshikunai desu. = SAYA tidak ingin (punya) KOMPUTER.

Setelah belajar menyusun kalimat untuk menyatakan "saya ingin (punya) ...", sekarang kita belajar membuat kalimat untuk menyatakan "saya ingin melakukan (kt. kerja)..."
Cara membuat kalimat untuk menyatakan hal di atas adalah dengan menghilangkan akhiran ~MASU di belakang KATA KERJA dan menggantinya dengan akhiran ~TAI.
Contoh Kalimat :
  • kaerimasu --> kaeritai (ingin pulang)
  • ikimasu --> ikitai (ingin pergi)
  • tabemasu --> tabetai (ingin makan)
Pola Kalimat Bentuk Formal :
--------------------------------------------------------
SUBYEK wa KATA KERJA ~TAI desu
--------------------------------------------------------
Contoh dalam kalimat :Â
  1. Watashi wa nihon e ikitai desu. = saya ingin pergi ke Jepang.
  2. Watashi wa tenpura ga/o tabetai desu. = saya ingin makan tempura.
  3. Watashi wa eiga ga/o mitai desu. = saya ingin nonton film.
  4. Watashi wa netai desu. = saya ingin tidur.

Untuk menyatakan "tidak ingin me~" adalah sebagai berikut :
Kata Kerja bentuk "~tai" berubah menjadi bentuk "~takunai" diikuti dengan DESU jika itu kalimat formal/sopan.
Contoh :
  • ikitai --> ikitakunai (tidak ingin pergi)
  • kaeritai --> kaeritakunai (tidak ingin pulang)
  • tabetai --> tabetakunai (tidak ingin makan)
Contoh kalimat :
  1. watashi wa asagohan o tabetakunai desu. = saya tidak ingin sarapan.
  2. watashi wa eiga o mitakunai desu. = saya tidak ingin menonton film.
  3. watashi wa gakkou e ikitakunai desu. = saya tidak ingin pergi ke sekolah.
  4. watashi wa hon o yomitakunai desu. = saya tidak ingin baca buku.
- khusus untuk partikel "o", bisa diubah menjadi partikel "ga".
Jika kita ingin mengatakan "tidak ingin melakukan apa-apa", pola kalimatnya adalah :
----------------------------------------------------------
[ KATA TANYA ] + mo .... takunai desu----------------------------------------------------------Â
Contoh :Â
  1. nani mo tabetakunai desu. = tidak ingin makan apa-apa.
  2. dare ni mo aitakunai desu. = tidak ingin ketemu siapa-siapa.
  3. doko mo ikitakunai desu. = tidak ingin pergi ke mana-mana.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Distributor Batik

Detail Kontak

Detail Kontak

Popular Post

- Copyright © 2013 PENGUSAHA BISNIS GLOBAL -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan | Distributed by Rocking Templates -