Posted by : BISNIS ONLINE Senin, 14 Oktober 2013

SAYA BISA...!
Konnichiwa, pada pelajaran ini, kita akan membuat kalimat yang menyatakan "kebisaan/kemampuan". BISA dalam Bahasa Jepang adalah "dekimasu" atau "dekiru" (kata kerja bentuk kamus). Untuk menyatakan "saya bisa...", pola kalimatnya adalah :
Watashi wa ______ ga dekimasu
Ket : obyek kalimat menggunakan partikel "ga"
Contoh kalimat :
  1. watashi wa nihongo ga dekimasu. = saya bisa Bahasa Jepang. 
  2. watashi wa gorufu ga dekimasu. = saya bisa (main) golf. 
  3. watashi wa kuruma no unten ga dekimasu. = saya bisa setir mobil.
Jika kita ingin mengatakan "saya bisa melakukan...", yaitu obyeknya adalah Kata Kerja, Kata kerja yang akan menjadi obyek tersebut harus diubah menjadi "kata benda". Untuk menjadikan Kata Kerja tersebut menjadi Kata Benda, caranya adalah mengubah kata kerja bentuk ~masu menjadi kata kerja bentuk kamus, lalu ditambah dengan kata KOTO.
Misalnya :
  • tabemasu --> taberu koto
  • ikimasu --> iku koto
  • kaimasu --> kau koto
  • benkyou shimasu --> benkyou suru koto
Cara menyusun kalimatnya adalah sebagai berikut :
Subyek wa obyek (Kt. Kerja bentuk Kamus + koto) ga dekimasu
Contoh :Â
  1. watashi wa kanji o yomu koto ga dekimasu. = saya bisa MEMBACA KANJI.
  2. watashi wa paatii e iku koto ga dekimasu. = saya bisa PERGI KE PESTA.
  3. watashi wa sukii o suru ga dekimasu. = saya bisa MAIN SKI.
Ket : Mengenai Perubahan Kata Kerja Bentuk ~MASU dan Kata Kerja Bentuk Kamus, sudah dibahas pada pelajaran yang lalu. Silahkan buka kembali.
Bentuk negatif dari "dekimasu" adalah "dekimasen" yang artinya "tidak bisa".
Contoh :Â
  1. watashi wa nihongo ga dekimasen. = saya tidak bisa bahasa jepang. 
  2. watashi wa kuruma no unten ga dekimasen. = saya tidak bisa setir mobil. 
  3. watashi wa kanji o kaku koto ga dekimasen. = saya tidak bisa menulis Kanji. 
  4. watashi wa ashita no paatii e iku koto ga dekimasen. = saya tidak bisa pergi ke pesta besok.

Kata keterangan yang bisa ditambahkan pada kata kerja "dekimasu" adalah sebagai berikut : 1. YOKU = dengan baik
Contoh :
  1. watashi wa nihongo ga yoku dekimasu. = saya bisa Bahasa Jepang dengan baik.
  2. watashi wa hiragana to katakana o kaku koto ga yoku dekimasu. = saya bisa menulis hiragana dan katakana dengan baik.
  3. watashi wa e o kaku koto ga yoku dekimasu. = saya bisa melukis dengan baik.
2. SUKOSHI = sedikit
  1. watashi wa eigo ga sukoshi dekimasu. = saya sedikit bisa Bahasa Inggris.
  2. watashi wa kanji o kaku koto ga sukoshi dekimasu. = saya sedikit bisa menulis huruf Kanji.
  3. watashi wa gitaa o hiku koto ga sukoshi dekimasu. = saya sedikit bisa memetik gitar.

Berikutnya, kata keterangan yang bisa ditambah pada kata kerja "dekimasen" adalah sebagai berikut : 1. AMARI = tidak terlalu
  1. watashi wa nihongo ga amari dekimasen. = saya tidak terlalu bisa Bahasa Jepang.
  2. watashi wa oyogu koto ga amari dekimasen. = saya tidak terlalu bisa berenang.
  3. watashi wa arabia-go o hanasu koto ga amari dekimasen. = saya tidak terlalu bisa berbicara Bahasa Arab.
2. ZENZEN = sama sekali tidak
  1. watashi wa furansu-go ga zenzen dekimasen. = saya sama sekali tidak bisa Bahasa Perancis.
  2. watashi wa oyogu koto ga zenzen dekimasen. = saya sama sekali tidak bisa berenang.
  3. watashi wa kanji o kaku koto ga zenzen dekimasen. = saya sama sekali tidak bisa menulis Kanji.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Distributor Batik

Detail Kontak

Detail Kontak

Popular Post

- Copyright © 2013 PENGUSAHA BISNIS GLOBAL -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan | Distributed by Rocking Templates -